Sabtu, 18 Juni 2011

DEMONSTRAN JEPANG PROTES PENGGUNAAN ENERGI NUKLIR


Hot info nih Minna, Warga Jepang menggelar aksi demonstrasi di Tokyo dalam rangka memprotes penggunaan energi nuklir. Demo itu dilakukan oleh ribuan orang yang berkumpul di taman yang dekat dengan ikon kota itu, Tokyo Tower.
Selama aksi, para demonstran neriakkin slogan-slogan antinuklir. Massa juga bawa banner-banner aneka warna dengan tulisan seperti "Segera hentikan semua penggunaan tenaga nuklir dan tutup pembangkit nuklir." Aksi protes kayak begini juga digelar di beberapa tempat lain di Tokyo. Begitulah yang NL dapet dari News.com.au, Sabtu (11/6/2011).
Demo tersebut digelar bertepatan dengan tiga bulan pasca bencana gempa bumi dan tsunami yang menewaskan puluhan ribu orang dan memicu krisis nuklir. Gempa yang mengguncang Jepang pada Maret itu menimbulkan tsunami dahsyat yang menyebabkan kerusakan pada Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima dan memicu keadaan darurat nuklir.
Krisis nuklir itu menyebabkan lebih dari 80 ribu warga dievakuasi dari rumah-rumah mereka di sekitar PLTN Fukushima. Krisis itu juga udah memicu kembali perdebatan nasional tentang penggunaan tenaga nuklir di Jepang. Bahkan, beberapa PLTN di negeri Sakura itu telah ditutup sementara. Jadi, Minna kayaknya perlu demo juga deh ke Presiden Indonesia buat nahan rencana PLTN di Indonesia.

by Azuki-Yusi Adistya/net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar