Sabtu, 18 Juni 2011

APARTEMEN BERSEJARAH BUAT PARA KOMIKUS MUDA

Hai Minna… NL punya info menarik nih! Pemerintah Kota Toshima, di Tokyo, berencana nyewain kamar di Apartemen Shiun-sou, yang pernah menjadi tempat tinggal pegarang komik 'Bakabon' Akatsuka Fujio, bagi para komikus muda.

Menurut berita Asahi Shimbun, Selasa (14/06), pemerintah dan masyarakat Kota Toshima, ingin menambah antusias dan semangat kreatifitas anak-anak muda dengan mengajak mereka pindah ke kota ini, melalui proyek Apartemen Shiun-sou.

Shiun-sou, apartemen
yang udah 52 tahun berdiri ini, berada di dekat apartemen kuno Tokiwa-sou, yang menjadi tempat berkumpulnya seniman komik manga terkenal pada tahun 1950-an, kayak Osamu Tezuka (1928-1989), Fujiko F. Fujio (1933-1996), Motoo Abiko dan Fujimoto Hiroshi (1933-1996), dan Ishimori Shotaro (1938-1998). Gila! Minna kenal dong pastinya?

O ya, di apartemen Shiun-sou, yang berlokasi di belakang di kawasan Minami Nagasaki, terdapat dua studio tempat kerja Akatsuka (1935-2008) selama lebih dari setahun.

Se
paruh kamar di apartemen Shiun-sou, yang memiliki harga sewa 40 ribu yen per bulan, bakal dibayar pihak penyelenggara proyek, dan diharapkan dapat menjadi "Tokiwa-sou Kedua" bagi para komikus muda untuk mencapai cita-citanya.

Kamar  di apartemen Shiun-sou, yang menjadi tempat kerja Akatsuka, memiliki luas 4,5 ukuran tatami atau sekitar 7 meter persegi.
Itu belum seberapa, Minna. Sekarang kamar itu  udah diperluas hingga menjadi 6 sampai 8,5 kali ukuran tatami, serta dilengkapi toilet dan dapur.

Sedangkan, tembok yang terbuat dari tanah liat dan pilar kayu yang sudah tua, masih tetap dijaga untuk mempertahankan suasana jaman dulu.

Salah
satu penggemar komik manga bernama Koide Mikio (53 tahun), yang memiliki ide untuk membuat proyek ini, menyatakan, "Saya ingin mengembalikan komunitas pecinta komik manga di kota ini, dimana para komikus muda bekerja keras dan mencoba belajar dari orang lain."

NL dapet bocoran rahasia nih, buat Minna yang mau tinggal di Apartemen Shiun-sou, syaratnya yakni penulis komik manga pria yang berusia 20 tahunan keatasi, mengirimkan hasil karya, dan mengikuti wawancara. Sore o yatte mimashou!

by Ninis Chairunnisa

source : (http://blog.goo.ne.jp/tokiwaso-street/) (II/AN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar