Kamis, 07 Juli 2011

KARTUN JEPANG TERPOPULER

Taukah Minna? selain terkenal dengan teknologi yang canggih dan budaya yang kental, Jepang juga populer dengan hasil buah karya desain grafisnya. Sampai saat ini tak ada yang membantah bahwa kehadiran film kartun Jepang merupakan sebuah kesuksesan di dunia film animasi. Sebab banyak sekali yang menyukainya bahkan menjadi penggemar setia dalam menyaksikan kehadirannya.
Saat ini banyak sekali bermunculan film kartun Jepang yang tak kalah seru dengan film-film kartun animasi yang lainnya. Bahkan kata orang, kartun Jepang tak ada tandingannya. Nah, untuk itu NP menyebutkan beberapa refrensi kartun Jepang yang bisa di katakan populer :
1.  Death Note
Death Note adalah judul sebuah serial manga Jepang yang ditulis oleh Tsugumi Ohba dan ilustrasi oleh Takeshi Obata. Anime Death Note tentu saja diangkat dari manganya yang berjudul sama. Manga ini menceritakan tentang Light Yagami, seorang siswa jenius yang secara kebetulan menemukan “Death Note” milik shinigami (dewa kematian). Direalisasikan di majalah Shonen Jump dari Januari 2004 hingga Mei 2006 dengan total 108 bab. Versi tankoubonnya terbit sebanyak 12 jilid dan 1 jilid spesial yang berjudul How to Read 13 yang berisi tentang penjelasan dan profil tentang Death Note.
2.  One Piece

Kepopuleran One Piece dalam Weekly Shonen Jump, membuat pihak Toei Animation memutuskan membuat serial anime nya. Rating animenya sangat tinggi dan hingga kini telah dirilis lebih dari 300 episode, 8 movie, dan 1 OVA. Awal dari era anime One Piece sebenarnya adalah sebuah OVA One Piece, yaitu One Piece: Defeat the Pirate Ganzackt!, diterbitkan pada tahun 1997 kemudian diikuti tayangan mingguan per episode. Sampai 30 Maret 2008, total episode TV One Piece yaitu 349 Episode. Dari episode 207 kedepan, One Piece disiarkan dalam fitur high-definition dengan resolusi 1080i. One Piece disiarkan rata-rata 4 episode per bulan.

3.  Inuyasha

Judul lengkap Inuyasha, yang feodal Fairy Tale ,Sengoku Otogizshi Inuyasha “Berperang-Serikat Fairy-Tale Buku: Inuyasha”), adalah seorang Jepang manga series ditulis dan diilustrasikan oleh Rumiko Takahashi. Seri mengikuti perjalanan waktu SMA siswa, setengah-iblis, yang bejat biarawan, seorang rubah iblis, setan pembunuh, dan Nekomata selama periode Sengoku ketika mereka berusaha untuk menemukan semua pecahan Jewel of Four Souls dan untuk menjaga mereka dari tangan orang yang berbuat jahat, terutama Naraku.

4.  Eyeshield 21

Eyeshield 21 adalah judul manga dan anime karya Riichiro Inagaki dan Yuusuke Murata yang bercerita tentang seorang sekelompok murid SMA yang mengikuti kegiatan klub American football di sekolahnya. Eyeshield 21 pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha dalam majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo dan Real Comics. Eyeshield 21 terbitan Elex Media Komputindo sekarang baru mencapai volume 29. Manga Eyeshield 21 telah tamat pada chapter 333.
Versi animenya diproduksi oleh NAS dan dianimasikan oleh Studio Gallop, tayang perdana di seluruh Jepang pada TV Tokyo dari 6 April 2005 dan berakhir pada 1 Maret 2008 dengan jumlah 145 episode. Anime disponsori oleh NFL Japan.

5.  Samurai X

Samurai X memiliki judul asli Rurouni Kenshin ialah manga dan anime karya Nobuhiro Watsuki yang berlatar belakang awal dari era Meiji di Jepang. Manga ini terbit di majalah mingguan Shonen Jump dan telah dibukukan menjadi 28 seri buku. Di Indonesia manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo pada tahun 2002 dengan judul Samurai X.
Manga ini bercerita tentang seorang samurai dari kelompok Choshu yang telah berhasil memenangkan pertempuran pada zaman Keshogunan Tokugawa yang pada akhirnya membentuk zaman baru di Jepang yang disebut zaman Meiji. Pada zaman Meiji, seseorang tidak lagi diperbolehkan membawa pedang di jalanan.

6. Naruto

Naruto Shippuden atau Naruto II adalah plot dari seri mangga Naruto, menitikberatkan pada petualangan Uzumaki Naruto dan Haruno Sakura dan misi pencarian Uchiha Sasuke setelah ia meninggalkan Konohagakure. Pada plot ke-2 ini, pergerakan organisasi Akatsuki semakin terlihat. Naruto Shippuden juga telah dibuat versi movie-nya dengan judul Naruto Shippuden The Movie.

Wah, ternyata banyak juga ya kartun Jepang yang dapat dikatakan populer bahkan hampir mengalahkan animasi dari negara lain. Karya anak Jepang tersebut membuktikan bahwa mereka mampu melahirkan karya-karya kreatif berdasarkan daya imajinasi yang tinggi. Nah, kreativitas inilah yang semestinya Minna contoh. Ayo terus berkarya, Ganabatte Kudasai!! (Yusi Adistya/Azuki)



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar