Kamis, 07 Juli 2011

BISKUIT TORY CHEESE CRACKER MIRIP DENGAN IKLAN BISKUIT PRETZ JEPANG!!





Ini sekedar share saja. Ketika melihat iklan Tory Cheese Cracker yang disiarkan di TV Nasional Indonesia, saya langsung teringat ke sebuah postingan blog JapanProbe. Isinya tentang iklan “wicked” aka aneh tapi bisa membuat orang selalu teringat-ingat dengan isi iklan tersebut. Iklan tentang produk makanan Pretz.
Mirip banget dengan iklan Tory yang ada di Indonesia? Jadi ketika melihat iklan Tory tersebut, momen deja vu pun terjadi (agak dramatis dikit). Sekedar informasi, kedua iklan tersebut mengiklankan produk makanan.


NL bukan mau nge-judge iklan mana meniru yang mana, tapi yang ingin saya sampaikan di sini adalah efek dari kedua iklan tersebut. Di blog JapanProbe tersebut, iklan tersebut ditulis sebagai iklan yang agak “annoying”, aneh, tapi sekaligus membuatnya selalu diingat oleh penontonnya. Kalimat berulang-ulang, kostum serta gerakan yang “abstrak” membuat potential consumer mau tidak mau akan mengingat iklan tersebut di bawah alam sadarnya.
Sama seperti iklan Tory tersebut. Setelah saya perhatikan dan juga setelah mendapat respon dari teman-teman di sekitar saya, mereka menyatakan iklan tersebut agak aneh, “annoying” juga; akan tetapi efeknya, mereka menjadi ingat semua kata-kata yang diucapkan oleh si artis pada iklan tersebut lengkap meniru gerakannya. Mereka juga jadi ingat apa nama produk makanan yang diiklankan.

(Yusi Adistya/Azuki)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar